Breaking News

Kegiatan KRPL RUSUNAWA Kel. Petahuanan

Tren urban farming beberapa tahun ini kian diminati oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan. Konsep urban farming  menawarkan solusi dengan menciptakan lahan terbuka hijau ditengah padatnya bangunan perkotaan. Jika terus dikembangkan, urban farming dapat diproyeksikan untuk mencukupi ketersediaan bahan makanan dan memperkuat ketahanan pangan kota itu sendiri.

Masifnya pembangunan di perkotaan menyebabkan tergusurnya ruang-ruang terbuka hijau untuk bercocok tanam, hal ini sangat memengaruhi kestabilan ekosistem lingkungan, sekaligus meningkatkan polusi yang berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat kota. Urban farming menawarkan solusi tepat untuk bercocok tanam di lingkungan rumah perkotaan menjawab keinginan masyarakat kota untuk menjalani gaya hidup sehat.

Ditengah pandemi Covid-19 yang masih mengganas, berkebun jadi hobi yang tiba-tiba digandrungi. Namun, salah kaprah jika menyebut berkebun hanya ‘panic hobby‘ saat pandemi. Berkebun justru disebut self healing saat dunia dilanda rasa takut karena Covid-19. Banyak orang ramai-ramai berkebun, dari tanam sayuran, tanaman hias ataupun buah-buahan dalam pot. Tren ini digemari berbagai kalangan, mulai dari yang anak-anak, remaja, sampai yang tua, pelajar, pekerja, baik laki-laki atau pun perempuan.

Seperti halnya 50 orang warga Rusunawa Subur Cemerlang yang terletak di Kelurahan Petahunan Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Mereka mengikuti pembinaan pengembangan pertanian perkotaan tentang program urban farming yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada warga rusunawa tentang pemanfaatan lahan untuk bercocok tanam. Selain itu juga mengajak warga rusunawa untuk mulai pola hidup sehat dengan mengkonsumsi hasil pertanian yang sehat dan bergizi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, mangatakan agar rakyat tidak boleh bermasalah soal pangan seperti yang selalu digaungkan oleh Kementerian Pertanian. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menambah semangat dan kekompakan warga rusunawa dalam memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan pertanian.

“Kami sangat berharap tanaman ini dipelihara dengan baik, dijaga dan dirawat bersama, karena dapat memberikan nilai ekonomis serta lingkungan jadi hijau dan sehat,”.

About Admin

Check Also

Penandaan Dan Pendataan Hewan Ternak

Penandaan dan pendataan hewan ternak pada sapi dan kerbau. Penandaan menggunakan eartag Qr Code dan …